sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Hati-Hati Terhadap Pelebaran Pembuluh Darah Di Perut

Hati-Hati Terhadap Pelebaran Pembuluh Darah Di Perut



Jakarta – Banyak orang yang menganggap pemyakit jantung adalah silent killer paling berbahaya dan memakan banyak korban di dunia. Namun belum banyak yang mengenal penyakit aneurisma aorta abdominal (AAA) yang juga tidak kalah berbahayanya dengan penyakit jantung.

Hati-Hati Terhadap Pelebaran Pembuluh Darah Di Perut

AAA adalah penyakit pembengkakan pembuluh darah aorta abdominal, yaitu pembuluh darah utama yang keluar dari jantung menuju rongga dada lalu ke perut.

Penyakit ini juga disebut silent killer karena seseorang biasanya tidak merasa ada gejala atau tanda-tanda kelainan dalam tubuhnya. Penderita biasanya baru akan merasakan bila pembuluh darah dalam perutnya tersebut tiba-tiba pecah dan menimbulkan pendarahan yang hebat.

Menurut Dokter Spesialis Bedah Vaskuler dari RS Premier Bintaro, Alexander Jayadi Utama, penyakit AAA timbul karena ada ruas pembuluh darah di perut yang menggelembung akibat melemahnya dinding aorta. Bila diameternya semakin membesar maka pembuluh darah tersebut dapat pecah dengan tiba-tiba.

Karena itu perlu dilakukan skrining AAA bagi mereka yang beresiko tinggi menderita penyakit ini, seperti penderita penyakit kolesterol, hipertensi, diabetes, perokok, dan pria berusia lanjut. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)