Home » Sport » Tim Sepak Bola Amerika Serikat Juara Piala Dunia Wanita 2015

Tim Sepak Bola Amerika Serikat Juara Piala Dunia Wanita 2015



Vancouver – Tim sepak bola Amerika Serikat menjadi Juara Piala Dunia Wanita 2015 setelah pada final, Senin (6/7/2015) pagi WIB mengalahkan sang juara bertahan Jepang 5-2.

Tim Sepak Bola Amerika Serikat Juara Piala Dunia Wanita 2015

Dalam pertandingan yang diadakan di BC Place, Vancouver, Kanada ini kapten tim Amerika Serikat, Carli Lloyd, menjadi bintang dengan mencetak hat-trick hanya dalam waktu 16 menit pada babak pertama.

Kemenangan Amerika Serikat dibuka oleh Lloyd pada menit ke-3, memanfaatkan umpan tendangan pojok dari Megan Rapinoe.

Selang dua menit kemudian, kembali Lloyd membuat jala gawang Jepang yang dijaga Ayumi Kaihori bergetar. 2-0 untuk Amerika Serikat.

Pada menit ke-14, giliran gelandang Lauren Holiday yang mencetak gol ke gawang Jepang setelah Azusa Iwashimizu gagal membuang bola dengan sempurna.

Carli Lloyd kembali menyumbangkan gol bagi Amerika Serikat pada menit ke-16 lewat gol spektakulernya dari lapangan tengah setelah melihat kiper Ayumi Kaihori terlalu jauh meninggalkkan gawangnya.

Jepang baru berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-4 setelah Yuki Ogimi mencetak gol pada menit ke-27. Hasil ini bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, tepatnya di menit ke-52, bek Amerika Serikat Julie Johnston melakukan gol bunuh diri akibat salah mengantisipasi tendangan bebas dari Aya Miyami.

Namun dua menit kemudian, Tobin Heath membawa Jepang semakin tak terkejar menjadi 5-2 setelah memanfaatkan umpan dari Morgan Brian.

Dengan hasil ini berarti Amerika Serikat telah tiga kali menjuarai ajang Piala Dunia Wanita, yaitu pada tahun 1991, 1999, dan 2015.

Kemenangan ini juga merupakan balas dendam Amerika Serikat pada Jepang, setelah pada 2011 ditaklukkan Jepang di final lewat adu penaliti. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)