Home » News » Mantan Model Wanita Ini Ikut Berperang Melawan ISIS

Mantan Model Wanita Ini Ikut Berperang Melawan ISIS



Jakarta – Para simpatisan dari luar negeri yang terjun langsung melawan ISIS semakin banyak, termasuk salah satunya adalah Tiger Sun (46), mantan model asal Kanada yang memutuskan meninggalkan segala kenyamanan yang dia rasakan untuk terjun ke medan pertempuran.

Mantan Model Wanita Ini Ikut Berperang Melawan ISIS

Selama empat bulan Tiger Sun berada di Suriah, bergabung dengan pasukan Kurdi YPJ. Dengan berbekal pelatihan menembak yang baru dia pelajari, Tiger Sun, terbang ke Suriah setelah gemas melihat tayangan video propaganda yang dilakukan oleh John McGuire, militan ISIS asal Ottawa, Kanada.

Wanita kelahiran Zambia ini menceritakan bahwa di Suriah dia melihat banyak pemandangan kekerasan yang belum pernah dia lihat dan bayangkan sebelumnya. Di sana, dia pernah melihat bagaimana seorang gadis kecil tewas akibat terkena ranjau darat. Tiger Sun juga melihat banyak mayat manusia bergelimpangan, termasuk warga sipil dan anak-anak harus tewas sebagai korban.

“Apakah saya melihat kekerasan? Apakah saya melihat ISIS membunuh orang tak bersalah. Iya, saya melihatnya dalam peperangan. Saya melihat mereka berusaha membunuh kami. Kami melihat Daesh (ISIS), kami membunuh Daesh, semua memang tentang itu.

Sesederhana itu,” ungkap Tiger Sun, seperti dikutip dari kompas.com, Selasa (7/7/2015).

Meskipun berada di medan pertempuran, Tiger Sun mengaku hingga saat ini dirinya belum membunuh satu orangpun. Di sana dia hanya mendampingi seorang pejuang wanita Kurdi yang telah membunuh 28 prajurit ISIS.

“Saya membawa teropong sendiri, karena mereka tidak memiliki itu. Jadi saya banyak melakukan pemantauan. Saya hanya melihat mayat setelahnya, tapi itu tidak pernah dan hingga saat ini tidak mengganggu saya,” ucapnya.

Di sana, Tiger Sun mengaku dirinya tidak mendapatkan diskriminasi, bahkan dari para pejuang pria. Dia juga tidak pernah merasakan pelecehan seksual atau hal-hal lain yang membuatnya merasa tidak aman.

Kini Tiger Sun telah kembali ke Kanada karena mengalami malanutrisi saat berjuang di Suriah, namun dirinya mempunyai tekad yang membara untuk kembali bertempur di Suriah bersama kawan-kawannya di sana. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)