Home » News » Demokrat Dikuasai Oleh Klan Cikeas

Demokrat Dikuasai Oleh Klan Cikeas



Jakarta โ€“ Salah seorang mantan kader Partai Demokrat yang selama ini vokal mengkritik tempatnya bernaung dulu, Gede Pasek Suardika, kembali mengeluarkan pernyataan yang cukup tajam terhadap Partai Demokrat, khususnya terhadap keluarga besar SBY.

Demokrat Dikuasai Oleh Klan Cikeas

Menurut Pasek, kini Partai Demokrat makin dikuasai oleh keluarga mantan Presiden RI yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. Hal ini jelas terlihat dari susunan kepengurusan Partai Demokrat 2015-2020 yang disusun oleh SBY.

“Sekarang Demokrat sudah diakuisisi penuh klan Cikeas. Yang enggak setuju, ya keluar atau parkir dulu menunggu kesempatan berikutnya,” ucap Pasek, seperti dikutip dari kompas.com, Senin (6/7/2015).

Lebih jauh Pasek menjelaskan, putra bungsu SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang biasa disapa Ibas, tidak lagi menjabat sebagai Sekjen Partai Demokrat, namun ditempatkan sebagai Ketua DPP Komisi Pemenangan Pemilu yang oleh Pasek dianggap lebih strategis karena kedudukan Ibas menjadi sangat penting saat ini menjelang Pilkada serentak.

Pasek juga mengkritik penempatan adik ipar SBY, Pramono Edhy Wibowo, sebagai Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Keanggotaan, dan Kaderisasi DPP Partai Demokrat, yang dianggap makin memperkokoh dinasti Cikeas dalam kepemimpinan Partai Demokrat.

Gede Pasek Suardika sendiri telah mundur dari Partai Demokrat sejak 1 Juli 2015 lalu karena Pasek merasa sudah tidak melihat lagi ada ruang untuk berdemokrasi di partai tersebut. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)