Home » News » Sutiyoso Langsung Minta Anggaran Rp 10 Triliun Untuk BIN

Sutiyoso Langsung Minta Anggaran Rp 10 Triliun Untuk BIN



Jakarta – Setelah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) lewat Rapat Paripurna, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang baru, Letjen Purn TNI Sutiyoso, langsung meminta agar anggaran untuk BIN ditingkatkan menjadi Rp 10 triliun.

Sutiyoso Langsung Minta Anggaran Rp 10 Triliun Untuk BIN

“Kekuatan BIN sangat jauh dari kebutuhan saat ini. Apalagi untuk menghadapi Pilkada serentak. Idealnya anggaran Rp 10 triliun,” kata Sutiyoso di gedung DPR RI Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Menurut Sutiyoso, penyelenggaraan Pilkada serentak yang rencananya akan diadakan pada 9 Desember 2015 mendatang membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk pengamanannya. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai, anggaran sebesar Rp 2,4 triliun yang disiapkan pemerintah pada 2015 sangatlah jauh dari kata ideal.

Lebih jauh purnawirawan jenderal bintang tiga ini menjelaskan bahwa saat ini 1 orang anggota BIN harus memegang 3 Kabupaten, seharusnya dalam 1 Kabupaten diisi 5-6 orang. Karena itu, Sutiyoso berencana untuk merekrut 1000 orang anggota BIN baru untuk memenuhi angka ideal tersebut, bisa dari sipil ataupun militer.

Selain itu, Sutiyoso juga berencana untuk memperkuat dan meningkatkan kualitas BIN dengan membeli beberapa peralatan canggih dan meningkatkan pendidikan anggota. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)