Home » News » Pesawat Hercules Yang Jatuh Di Medan Tidak Dilengkapi Black Box

Pesawat Hercules Yang Jatuh Di Medan Tidak Dilengkapi Black Box



Medan โ€“ Menurut tim investigasi dari Mabes TNI Angkatan Udara, pesawat Hercules C-130 milik TNI AU yang jatuh di Medan, Sumatera Utara pada Selasa (30/6/2015) ternyata tidak dilengkapi dengan black box atau kotak hitam.

Pesawat Hercules Yang Jatuh Di Medan Tidak Dilengkapi Black Box

Salah satu anggota tim investigasi, Sofyan, menjelaskan bahwa pesawat Hercules yang jatuh ini tidak dilengkapi kotak hitam karena di tahun produksi pesawat tersebut memang tidak menyertakan black box karena alasan kerahasiaan sebab pesawat Hercules adalah pesawat militer.

Tim investigasi saat ini tengah mengumpulkan puing-puing pesawat untuk mengetahui penyebab dari jatuhnya pesawat, termasuk mengevakuasi empat mesin dari pesawat nahas ini.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna secara terpisah menjelaskan bahwa hasil analisa sementara dari bukti-bukti yang telah didapatkan mengungkapkan pilot ingin kembali ke pangkalan setelah lepas landas karena diduga pilot mengetahui ada yang tidak beres dengan pesawat yang dikendarainya, namun sayang pesawat nahas ini keburu jatuh. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)