sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Hari Ini Sutiyoso Jalani Uji Kelayakan Sebagai Kepala BIN

Hari Ini Sutiyoso Jalani Uji Kelayakan Sebagai Kepala BIN



Jakarta – Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso hari ini, Selasa (30/6/2015), akan menjalani proses uji kelayakan dalam kaitannya dengan pencalonan dirinya sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Hari Ini Sutiyoso Jalani Uji Kelayakan Sebagai Kepala BIN

Menurut rencana, agenda fit and proper test terhadap Sutiyoso akan dilakukan pada pukul 10.00 WIB di ruang rapat Komisi I DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dalam proses ini, mantan Pangdam Jaya itu akan lebih dulu menyampaikan visi dan misinya sebagai calon Kepala BIN, lalu kemudian anggota Komisi I secara bergantian akan mengajukan beberapa pertanyaan kepada Sutiyoso. Setelah proses ini, Komisi I DPR akan langsung melakukan rapat internal tertutup untuk memberikan rekomendasi kepada Presiden tentang hasil test.

Proses uji kelayakan ini hanya memberikan kesempatan DPR untuk merekomendasi kepada Presiden, bukan menentukan Sutiyoso lolos atau tidak sebagai Kepala BIN. Penentuan Sutiyoso akan diangkat sebagai Kepala BIN adalah hak sepenuhnya dari Presiden.

Wakil Ketua Komisi I DPR Tantowi Yahya mengatakan bahwa Kepala BIN yang baru nantinya harus dapat mengatasi tantangan Indonesia ke depan yang berhubungan dengan ancaman terhadap ideologi dan ekonomi yang dilakukan oleh pihak asing.

Lebih jauh Tantowi Yahya mengatakan, ancaman ideologi datang dari paham radikal yang ingin menggantikan Pancasila dan UUD 1945, yang berujung pada ancaman keutuhan NKRI. Sedangkan ancaman ekonomi datang dari masuknya investasi asing yang ditunggangi dengan kepentingan-kepentingan politik tertentu. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)