Home » News » Pelaku Pengebom Masjid Kuwait Adalah Warga Arab Saudi

Pelaku Pengebom Masjid Kuwait Adalah Warga Arab Saudi



Kuwait – Pemerintah Kuwait menerangkan bahwa pihaknya telah mengetahui identitas pelaku bom bunuh diri di masjid Syiah Imam al-Sadeq pada Jumat (26/6/2015) lalu yang menewaskan 27 orang dan melukai lebih dari 200 jamaah yang lainnya.

Pelaku Pengebom Masjid Kuwait Adalah Warga Arab Saudi

Menteri Dalam Negeri Kuwait Sheikh Mohammed al-Khaled al-Sabah mengatakan bahwa pelaku adalah warga negara Arab Saudi yang bernama Fahd Suliman Abdul-Muhsen al-Qabaa.

Selain itu, pihak keamanan Kuwait juga telah mengamankan empat orang yang terkait dengan pelaku bom bunuh diri, termasuk diantaranya adalah sopir mobil yang membawa pelaku yang bernama Abdul-Rahman Sabah Aidan (26), yang ditangkap di sebuah rumah warga di pemukiman al-Riqqa.

Pelaku diketahui masuk melalui Bandara Kuwait pada Jumat (26/6/2015) dini hari, beberapa jam sebelum ia meledakkan diri di masjid Syiah, dimana saat itu ada lebih dari 2 ribu jamaah sedang melakukan sholat Jumat.

Kelompok militan ISIS mengklaim bertanggungjawab terhadap aksi bunuh diri tersebut. Lewat media sosial, ISIS menyebutkan bahwa pelaku bom bunuh diri bernama Abu Suleiman al-Muhawed. ISIS menargetkan serangannya terhadap masjid umat Syiah yang mereka sebut sebagai “temple of rejectionists”, umat Kristen, dan pihak-pihak yang berhubungan dengan Amerika Serikat. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)