Home » News » Gedung Agung Kerap Dikencingi Wisatawan

Gedung Agung Kerap Dikencingi Wisatawan



Yogyakarta โ€“ Istana Kepresidenan menjadi tempat kencing wisatawan? Ya, hal ini terjadi di Indonesia, tepatnya di sekitar Istana Kepresidenan Yogyakarta atau yang lebih dikenal sebagai Gedung Agung.

Gedung Agung Kerap Dikencingi Wisatawan

Hal ini disampaikan oleh Kapolsek Gondomanan Kompol Heru Muslimin yang seringkali memergoki wisatawan kencing di seputaran Istana yang dibangun pertama kali pada Mei 1824 oleh seorang arsitek bernama A. Payen ini. Yang lebih memperihatinkan lagi, para wisatawan yang tidak bertanggungjawab ini bahkan kencing sambil diarahkan ke Gedung Agung.

Menurut Kompol Heru, biasanya para wisatawan ini kencing pada malam hari dan dengan cara sembunyi-sembunyi. Karena itu, pihak Kepolisian akan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta, untuk melakukan patroli, memasang rambu, dan meningkatkan pemahaman masyarakat untuk tidak kencing sembarangan di sekitar Gedung Agung.

Untuk diketahui, seperti halnya Istana Kepresidenan lainnya yaitu sebagai kantor dan kediaman resmi Presiden Republik Indonesia, Gedung Agung juga dipakai sebagai tempat menerima atau menginap tamu-tamu negara. Sejak 17 Agustus 1991, istana ini digunakan sebagai tempat memperingati Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan untuk Daerah Istimewa Yogyakarta dan penyelenggaraan Parade Senja setiap tanggal 17 yang dimulai sejak 17 April 1988.

Gedung Agung yang pembangunannya dimulai pada 1824 dan baru selesai pada 1832 ini pernah ambruk karena gempa pada 10 Juni 1867, namun dibangun kembali dan selesai pada 1869.

Gedung Agung juga pernah menjadi tempat tinggal Presiden Soekarno saat Yogyakarta menjadi Ibu Kota Negara Indonesia pada 6 Januari 1946. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)