Home » Sport » Sepp Blatter Dan Jerome Valcke Terkait Skandal Hak Siar Fox

Sepp Blatter Dan Jerome Valcke Terkait Skandal Hak Siar Fox



New York โ€“ Mantan Presiden FIFA Sepp Blater dan Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke disebut-sebut terkait dengan hak siar penyelenggaraan Piala Dunia 2026 yang dipegang Fox, yang kabarnya tanpa melalui tender terlebih dahulu.

Sepp Blatter Dan Jerome Valcke Terkait Skandal Hak Siar Fox

Menurut Valcke, hak siar yang dipegang Fox memang tanpa melalui tender dan diambil pada Februari 2015 lalu untuk menghindari tuntutan hukum dari Fox karena perubahan jadwal penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Seperti diketahui, jadwal Piala Dunia 2022 dirubah oleh FIFA yang seharusnya diselenggarakan pada musim panas Juni-Juli, diundur menjadi November-Desember sehingga berbenturan dengan siaran NFL.

Namun pesaing media televisi Amerika Serikat tersebut mencurigai bahwa bukan karena alasan tersebut yang menyebabkan hak siar jatuh ke pihak Fox. Salah satunya adalah karena Piala Dunia 2026 diselenggarakan di Amerika Serikat.

Konon, Fox harus membayar USD 470 juta untuk mendapatkan hak siar ini. Jumlah tersebut masih lebih besar 10 persen bila dibandingkan dengan gabungan hak siar di Rusia dan Qatar. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)