sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Jokowi: Jangan Kompromi, Tindak Tegas Malaysia

Jokowi: Jangan Kompromi, Tindak Tegas Malaysia



Jakarta – Presiden Joko Widodo menekankan untuk tidak kompromi dengan kedaulatan dan menindak tegas Malaysia terkait laporan Panglima TNI Jenderal Moeldoko yang menerangkan bahwa pesawat tempur Malaysia telah sembilan kali berani menerobos wilayah udara RI di blok Ambalat.

Jokowi: Jangan Kompromi, Tindak Tegas Malaysia

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/6/2015) yang menyatakan bahwa Presiden meminta agar bertindak tegas kepada Malaysia terkait Ambalat.

Sebelumnya, Panglima TNI telah meminta Kementerial Luar Negeri RI dan Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan untuk melayangkan nota protes kepada Malaysia.

Di tempat terpisah, Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayor Jenderal Fuad Basya, menjelaskan bahwa TNI khawatir bila Indonesia membiarkan saja pesawat tempur menerobos masuk ke wilayah Ambalat maka kita akan kehilangan blok yang kaya minyak tersebut seperti halnya Indonesia telah kehilangan Pulau Sipadan dan Ligitan.

Seperti diketahui, wilayah yang terletak di dekat perbatasan Kalimantan Timur dan Sabah, Malaysia ini telah menjadi penyebab ketegangan antara Indonesia dan Malaysia sejak 1960-an. Ketegangan semakin bertambah pada tahun 1979 saat Malaysia membuat peta batas kontinental dan maritim baru yang memasukkan blok Ambalat ke dalam wilayah Malaysia yang tentu saja menimbulkan protes keras dari Indonesia.

Ketegangan memuncak pada 2002 lalu saat Mahkamah Internasional memenangkan pihak Malaysia atas sengketa kepemilikan Pulau Sipadan dan Ligitan, yang mengakibatkan Indonesia kehilangan dua pulau yang terletak di perairan Ambalat ini. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)