Home » News » Apakah Hilal Akan Terlihat Petang Nanti ?

Apakah Hilal Akan Terlihat Petang Nanti ?



Jakarta โ€“ Rencananya pada petang anti, (16/6), pihak Kementerian Agama (Kemenag) akan meggelar sidang isbat untuk penetapan 1 Ramadan. Walaupun hilal memiliki potensi besar tidak kelihatan pada petang nanti, namun dari pihak Kemenag tetap menyebarkan tim rukyat yang ada di seluruh penjuru Indonesia.

Apakah Hilal Akan Terlihat Petang Nanti ?

Ketika ditemui wartawan harianindo, Selasa (16/6), Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Machasin mengungkapkan bahwa untuk titik pantau hilal tidak ada perubahan yang signifikan. Sebagai contoh untuk di wilayah DKI Jakarta, titik pantau “bulan muda” ada di beberapa titik seperti di kantor wilayah (Kanwil) Kemenag DKI Jakarta, Pulau Karya yang ada di gugusan Kepulauan Seribu, serta di Masjid Al-Musyari’in, Jakarta Barat.

Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur, lokasi rukyatnya ada di Tanjung Kodok, Paciran, Lamongan, di menara masjid Agung Surabaya, pantai Bawean Gresik, serta di Pantai Serang Kabupaten Blitar. Diungkapkan oleh Machasin bahwa walaupun pada petang nanti beredar rumor bahwa hilal tidak akan terlihat, namun proses rukyat tetap dilaksanakan sesuai prosedur.

Karena jika memang dari seluruh titik pantau tidak terlihat hilal, maka keputusan sidang isbat akan mengungkapkan apa adanya. Dengan demikian masyarakat mulai berpuasa pada Kamis (18 Juni) dan salat tarawih dijalankan pada hari Rabu malam (17 Juni).

Jika dari laporan titik pantau ada yang melihat hilal, maka besok (17 Juni) sudah 1 Ramadan atau menjadi awalan puasa. Namun sebagai unsur pemerintah, akan menunggu keputusan dari hasil sidang isbat yang akan dilakukan nanti malam, pungkas Machasin. (Galang Kenzie Ramadhan โ€“ sisidunia.com)