sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Iran Dan Taliban Kini Berteman Perangi ISIS

Iran Dan Taliban Kini Berteman Perangi ISIS



Teheran – Keberadaan ISIS yang semakin meluas dalam menancapkan kekuasaannya, termasuk di Afghanistan, membuat Taliban dan Iran yang secara prinsip berseberangan kini makin ‘akrab’ karena mereka memiliki musuh yang sama.

Iran Dan Taliban Kini Berteman Perangi ISIS

Iran yang beraliran Syiah dan Taliban yang Sunni kini makin erat menjalin hubungan kerjasama dengan berdirinya empat kamp latihan bagi tentara Taliban di wilayah Iran, yaitu di kota Teheran, Mashhad, Zahedan, dan di Provinsi Kerman.

Pada masa lalu, Iran memberikan dukungan uang dan senjata kepada Taliban untuk melawan Amerika Serikat dan sekutunya di Afghanistan. Namun sekarang, saat Amerika Serikat tak lagi menggelar operasi di Afghanistan, Taliban dan Iran dihadapkan pada musuh baru yang sama yaitu ISIS.

Seorang pakar Taliban yang bernama Antonio Giustozzi kepada The Wall Street Journal mengatakan bahwa bantuan Iran sangatlah penting bagi Taliban untuk melawan pengaruh ISIS di Aghanistan. Dia juga mengatakan, bila Iran mencapai kesepakatan dengan Amerika Serikat soal program nuklir di Iran maka kemungkinan besar sanksi ekonomi yang selama ini dijatuhkan kepada Iran akan dicabut.

Hal ini tentu saja makin menguntungkan Taliban karena otomatis pendapatan yang didapat Iran dengan dicabutnya sanksi tersebut akan menjadi makin besar sehingga dapat membantu Taliban lebih besar juga. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)