sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Sport » Vatikan Dan Interpol Hentikan Dana Bantuan FIFA

Vatikan Dan Interpol Hentikan Dana Bantuan FIFA



Paris – Imbas dari skandal korupsi yang dilakukan oleh pebat-pejabat tinggi FIFA yang terbongkar pada pertengahan Mei 2015 lalu membuat Tahta Suci Vatikan dan Interpol memutuskan untuk menghentikan dana bantuan dari FIFA.

Vatikan Dan Interpol Hentikan Dana Bantuan FIFA

Tahta Suci Vatikan memutuskan untuk tidak lagi mau menerima dana bantuan dari Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) yang dalam kesepakatannya April lalu menyebutkan bahwa Vatikan akan menerima bantuan dana sebesar USD 10 ribu dari setiap gol yang tercipta di ajang kompetisi Copa America 2015 untuk membantu kegiatan amal pendidikan dan olahraga Vatikan.

Langkah Tahta Suci Vatikan ini kemudian diikuti oleh Interpol yang juga memutuskan untuk tidak bersedia lagi menerima dana bantuan dari FIFA.

Sekretaris Jenderal Interpol Juergen Stock dalam pernyataannya yang dikeluarkan pada Jumat (12/6/2015) menyebutkan bahwa keputusan yang diambil Interpol tersebut guna menjaga integritas terkait skandal suap dan korupsi yang menimpa elite-elite FIFA.

Sebelumnya pada 2011, telah ditandatangani kesepakatan bantuan FIFA kepada Interpol selama 10 tahun dengan total dana sebesar USD 22 juta atau sekitar Rp 293 miliar untuk menghentikan pengaturan skor dan judi bola ilegal. Dalam salah satu kesepakatannya juga disebutkan bahwa Interpol akan memberikan pelatihan anti korupsi dan melawan skema pengaturan skor namun tidak bagi informasi teknis dan intelijen.

Seperti diketahui, sebanyak 7 orang elite FIFA telah ditahan di Swiss dalam kaitannya dengan investigasi yang dilakukan oleh Amerika Serikat untuk skandal korupsi pengaturan tuan rumah Piala Dunia dan kasus suap lainnya. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)