Home » News » Inilah Harta Kekayaan Calon Kepala BIN Sutiyoso

Inilah Harta Kekayaan Calon Kepala BIN Sutiyoso



Jakarta โ€“ Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007 Letjen TNI (Purn) Sutiyoso baru saja dicalonkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Pencalonan pensiunan Jenderal bintang tiga ini telah disampaikan kepada DPR untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut.

Inilah Harta Kekayaan Calon Kepala BIN Sutiyoso

Ini merupakan pertama kalinya seorang calon Kepala BIN harus melewati uji kelayakan yang dilakukan oleh DPR, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2011 tentang Intelijen Negara.

Untuk hal tersebut, Komisi I DPR berencana akan melibatkan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menggali lebih dalam rekam jejak dari mantan Panglima Kodam Jaya ini.

Sutiyoso sendiri terakhir kali menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 1 Maret 2008, setelah dia melepaskan jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta selama dua periode.

Dalam laporannya, pria berusia 70 tahun ini memiliki harta kekayaan dengan total nilai Rp 23,05 miliar, yang terdiri dari tanah, bangunan, kendaraan, logam mulia, peternakan, serta tabungan giro.

Untuk harta tak bergerak, Jenderal kelahiran Semarang ini memiliki tanah dan bangunan di Jakarta Pusat, Depok, Bekasi, dan Bogor dengan total nilai Rp 12,45 miliar.

Untuk kendaraan, pria yang lebih akrab disapa Bang Yos ini memiliki satu mobil Toyota Alphard dan satu Willys dengan harga Rp 1,405 miliar. Selain itu, Sutiyoso juga memiliki 3 unit motor Harley Davidson senilai Rp 500 juta.

Sutiyoso juga memiliki peternakan yang terdir dari 182 ekor ayam, 14 ekor kambing, dan 35 ekor sapi, 47 ekor sapi perah, serta 2.134 ekor ikan dan belut yang diternakkan di kolam-kolam.

Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia ini juga memiliki koleksi logam mulia senilai Rp 622 juta dan tabungan giro sebanyak Rp 9,312 miliar. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)