Home » News » Sekitar 130 Ribu PNS Segera Miliki RUmah

Sekitar 130 Ribu PNS Segera Miliki RUmah



Jakarta โ€“ Pihak pemerintah memberikan prioritas kepada PNS golongan rendah agar dapat memiliki rumah murah yang berasal dari program sejuta rumah yang dikerjakan pada tahun ini.

Sekitar 130 Ribu PNS Segera Miliki RUmah

Dalam keterangan persnya, di Jakarta, Selasa (9/6), Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agung Mulyana membenarkan program tersebut dan memang diprioritaskan untuk PNS Golongan I dan II yang berjumlah mencapi angka 130 ribu pada tahun ini yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dari penuturan Agung, bahwa pembangunan ini dilaksanakan dengan menjalin bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, serta Realestat Indonesia (REI), BTN dan BNI.

Kerjasama ini bertujuan untuk mempercepat proses, terlebih lagi untuk pembangunan perumahan membutuhkan sekitar 20 perizinan. Namun hal ini dapat dipangkas menjadi 8 perizinan karena kerjasama tersebut.

Selain itu dari pihak Agung akan mengajak rapat REI, BTN, BNI, terkait persamaan persyaratannya sehingga seluruh Indonesia sama. Sedangkan untuk bunga bank disamakan sekitar 5,5 persen. Ketika disinggung kapan mulai dilaksanakan pembangunan, Agung memprediksi akan dimulai setelah Lebaran.

Sehingga Pemda masing-masing dapat tinggal menyelesaikannya saja, karena prosesnya telah diselesaikan. Untuk peraturannya nanti akan melalui Peraturan Menteri, atau surat edaran. Yang menjadi kendala adalah, nantinya masih ada pungutan untuk Izin Mendirikan Bangunan, namun 5 persen, pungkas Agung. (Choirul Anam โ€“ sisidunia.com)