sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » MA Perberat Hukuman Anas Urbaningrum

MA Perberat Hukuman Anas Urbaningrum



Jakarta – Mungkin nasib sial sedang menghinggapi mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, yang sedang mencari keadilan hingga ke jalur Mahkamah Agung. Bukannya mendapatkan keringanan hukuman, Majelis Agung justru memperberat hukuman Anas hingga dua kali lipatnya.

MA Perberat Hukuman Anas Urbaningrum

Sidang Mahkamah Agung yang dipimpin oleh Majelis Hakim Artidjo Alkostar, Krisna Harahap, dan MS Lumme pada Senin (8/6/2015) memberikan hukuman penjara 14 tahun kepada Anas Urbaningrum dan diwajibkan membayar denda Rp 5 milyar subsider kurungan 1 tahun empat bulan.

Selain itu Anas juga diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp 57.592.330.580 kepada negara. Dan bila dalam waktu 1 bulan belum dapat melunasi maka seluruh kekayaannya akan dilelang. Namun bila dengan itu masih belum cukup, maka Anas harus menjalani kurungan selama 4 tahun.

Majelis Hakim bersepakat bahwa Anas Urbaningrum dengan nyata telah melakukan perbuatan yang melanggar Pasal 12 huruf a Undang-Undang TPPU jo Pasal 64 KUHP, Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang, serta Pasal 3 ayat (1) huruf c Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2002 jo Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2003.

Tidak berhenti di situ saja, Majelis Hakim juga mencabut hak politik Anas untuk dipilih kembali menjadi wakil rakyat karena mereka berpendapat bahwa publik harus dilindungi dan dicegah untuk salah memilih wakil-wakilnya.

Sebelumnya, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memberikan keringanan hukuman Anas menjadi 7 tahun penjara dari hukuman awal 8 tahun penjara yang dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)