sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Merauke Bakal Jadi Lumbung Padi

Merauke Bakal Jadi Lumbung Padi



Jakarta – Komitmen pemerintah yang baru untuk mempercepat pembangunan Indonesia bagian Timur sepertinya cukup serius. Hal ini dibuktikan dengan pencanangan target agar Merauke menjad lumbung pangan nasionanl melalui program Merauke Integrated Rice Estate oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar.

Merauke Bakal Jadi Lumbung Padi

“Merauke merupakan salah satu daerah perbatasan yang bisa dibilang sukses melakukan program transmigrasi dan mengembangkan pertanian di wilayah timur Indonesia,” demikian kata Menteri Marwan Jafar, seperti dikutip dari liputan6.com, Minggu (7/6).

Merauke sejauh ini menjadi kawasan transmigrasi yang sukses yang telah mempekerjakan sekitar 275 ribu transmigran. Di kawasan ini juga terdapat potensi lahan yang luas, yaitu 1,2 juta hektar, untuk dapat dijadikan salah satu lumbung pangan nasional.

Untuk mencapai target tersebut, menurut Menteri, awalnya pemerintah akan menggarap lahan seluas 250 hektar pada tahun ini dengan target setiap hektarnya dapat menghasilkan 7,1 ton beras sehingga dapat memasok 30 persen kebutuhan beras nasional.

Sebagai penunjangnya, akan dikembangkan kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM) seperti halnya di Salor yang letaknya dekat dengan Merauke. Nantinya, Kota Terpadu Mandiri Salor akan diintegrasikan dengan Merauke Integrated Rice Estate.

Dalam rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo belum lama ini salah satunya adalah membahas tentang pembukaan lahan baru seluas 10 ribu hektar untuk program Merauke Integrated Rice Estate tersebut. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)