Home » News » Bareskrim Bakal Periksa Sri Mulyani

Bareskrim Bakal Periksa Sri Mulyani



Jakarta โ€“ Pihak Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri berencana akan memeriksa mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada hari Senin (8/6/2015) untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pencucian uang yang melibatkan SKK Migas.

Bareskrim Bakal Periksa Sri Mulyani

Kasus yang terjadi pada 2009 lalu ini terkait penjualan kondensat milik negara antara SKK Migas, yang pada waktu itu masih bernama BP Migas, dengan PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

Bareskrim sebelumnya telah mengirimkan surat pemanggilan kepada Sri Mulyani yang berada di Amerika Serikat dalam kapasitasnya sebagai Direktur Eksekutif di World Bank, melalui Kementerian Luar Negeri.

“Benar, Sri Mulayani akan diperiksa sebagai saksi pagi ini di Bareskrim,” ujar Dikrektur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Pol Victor Edi Simanjuntak, seperti dikutip dari okezone.com, Senin (8/6/2015).

Kasus bermula saat BP Migas menunjuk langsung PT TPPI dalam penjualan kondensat milik negara. Penyidik Bareskrim menemukan surat Menteri Keuangan dalam proses penunjukan langsung tersebut, padahak menurut laporan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 2012, disebutkan Menteri Keuangan mengetahui bahwa TPPI mengalami kesulitan keuangan, sehingga kesulitan memperoleh modal kerja.

Tindakan ini dinilai melanggar keputusan BP Migas tentang pedoman penunjukan penjual minyak mentah, dan negara diperkirakan mengalami kerugian sebesar Rp 2 triliun.

Untuk kasus ini, Bareskrim telah menetapkan tiga orang tersangka, yaitu DH, HW, dan RP. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)