Home » News » Ledakan Saat Kampanye Di Turki, Empat Tewas

Ledakan Saat Kampanye Di Turki, Empat Tewas



Ankara โ€“ Dua buah ledakan terjadi di Turki menjelang pertemuan terbuka dalam rangka kampanye Partai Rakyat Demokratik (HDP) yang pro-Kurdi pada Jumat (5/6/2015) pukul 22.00 WIB yang menyebabkan empat orang tewas dan setidaknya 184 orang luka-luka.

Ledakan Saat Kampanye Di Turki, Empat Tewas

Setelah terjadinya ledakan, kampanye yang seharusnya diadakan di Provinsi Diyarbakir di bagian tenggara Turki tersebut terpaksa dibatalkan. Pemimpin HDP Selahattin Demirtas menyerukan agar rakyat Diyarbakir untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi.

Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu bertekad akan mencari tahu penyebab ledakan dan menangkap siapa pun pelaku peledakan itu.

“Kami akan meneliti apakah itu adalah ledakan pada unit penyaluran listrik atau upaya pembunuhan, atau jenis tindakan provakasi lainnya. Dan kami akan mengumumkan hasilnya sesegera mungkin,โ€ demikian penjelasan sang Perdana Menteri.

Kejadian ledakan kemaren bukanlah kejadian pertama yang menimpa partai HDP. Sebelumnya, pada Rabu (3/6/2015) sejumlah orang tak dikenal menembaki bis mini yang ditumpangi peserta kampanye partai HDP. Pada 18 Mei 2015 juga terjadi ledakan serentak di dua markas HDP di Provinsi Mersin dan Adana Selatan yang menyebabkan tujuh orang luka-luka. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)