Home » Sport » Presiden FIFA Mundur Diduga Karena Kasus Suap Jerome Valcke

Presiden FIFA Mundur Diduga Karena Kasus Suap Jerome Valcke



Zurich – Presiden FIFA yang baru saja seminggu terpilih kembali, Sepp Blatter, telah menyatakan mundur dari jabatannya melalui konferensi pers di Zurich, Swiss, pada Selasa (2/6/2015). Kabar yang beredar, pengganti Joao Havelange sebagai Presiden FIFA sejak Juni 1998 ini mundur karena skandal suap yang ikut menyeret nama Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke.

Presiden FIFA Mundur Diduga Karena Kasus Suap Jerome Valcke

Jerome Valcke yang tanda tangannya selalu hadir dalam setiap surat keputusan penting FIFA, termasuk dalam surat sanksi kepada PSSI pada 30 Mei lalu ini diduga terlibat dalam kasus suap senilai USD 10 juta.

Valcke disebut-sebut telah melakukan transfer kepada beberapa pejabat FIFA pada tahun 2008 untuk ‘mengamankan’ Afrika Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2010, salah satunya kepada mantan Wakil Presiden FIFA Jack Warner.

Sebelum kasus suap ini mencuat dengan ditangkapnya beberapa pejabat dan mantan pejabat teras FIFA oleh penyelidik FBI, nama Jerome Valcke juga sempat disebut-sebut dalam kasus negosiasi dengan sponsor MasterCard dan Visa pada 2006 yang mengakibatkan dirinya dipecat dari jabatannya sebagai marketing director pada saat itu.

Namun keputusan Pengadilan New York yang menyatakan dirinya bersalah ini akhirnya dibatalkan lewat proses banding yang ditempuhnya pada Mei 2007. Pada Juni 2007, Sepp Blatter mengangkat Jerome Valcke sebagai Sekjennya setelah ada kesepakatan kembali dengan sponsor MasterCard. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)