Home » Sport » FIFA Resmi Jatuhkan Sanksi Untuk PSSI

FIFA Resmi Jatuhkan Sanksi Untuk PSSI



Jakarta โ€“ Setelah beberapa lama nasib PSSI terkatung-katung akibat pembekuan kepengurusan PSSI yang baru oleh Menpora, akhirnya FIFA secara resmi menjatuhkan sanksi kepada PSSI setelah melakukan emergency meeting Komite Eksekutif di Zurich, Swiss, Sabtu (30/5/2015) siang waktu setempat.

FIFA Resmi Jatuhkan Sanksi Untuk PSSI

Dalam surat keterangan sanksi yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke, disebutkan bahwa PSSI kehilangan hak-haknya sebagai anggota FIFA (Statuta FIFA Pasal 12 ayat 1), seluruh wakil sepak bola Indonesia maupun klub dilarang mengikuti kompetisi internasional yang diadakan FIFA dan AFC (Statuta FIFA Pasal 14 ayat 3), dan anggota PSSI maupun official tidak bisa mengikuti program pengembangan apapun yang diadakan FIFA termasuk pelatihan dan kursus selama sanksi berlangsung.

Namun dalam sanksi tersebut terdapat dua pengecualian, yaitu Timnas Indonesia masih boleh turun bertanding dalam SEA Games 2015, dan kursus lisensi pelatih C-AFC yang akan segera diselenggarakan masih bisa diteruskan.

Dalam suratnya, FIFA juga memberikan ketentuan atau syarat yang harus dilakukan PSSI agar sanksi dapat segera dicabut. Keempat syarat itu yaitu:

1. Komite eksekutif PSSI harus bebas dari campur tangan pihak lain, termasuk pemerintah.
2. Pengelolaan tim nasional dipegang oleh PSSI.
3. Tanggung jawab seluruh kompetisi diberikan kepada PSSI atau liga di bawah PSSI.
4. Seluruh klub yang mendapatkan lisensi dari PSSI berdasarkan regulasi lisensi klub PSSI dapat bersaing di kompetisi PSSI.

(Dwi Kristyowati – sisidunia.com)