sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Inilah Penjelasan Ilmiah Soal Bunyi Sangkakala Di Langit

Inilah Penjelasan Ilmiah Soal Bunyi Sangkakala Di Langit



California – Beberapa waktu belakangan ini dunia dihebohkan dengan suara keras yang mirip suara terompet terdengar dari langit di beberapa kota di benua Amerika, Eropa, dan Australia.

Inilah Penjelasan Ilmiah Soal Bunyi Sangkakala Di Langit

Beberapa pendapat dan spekulasi tentang fenomena ini juga turut meramaikan kehebohan yang terjadi. Mulai dari spekulasi yang berbau mistis, spiritual, maupun pendapat ilmiah dari para ahli geologi dan fisika.

Seorang profesor fisika dari Universitas Saskatchewan, Jean-Pierre St Maurice, menjelaskan bahwa suara mirip sangkakala dari langit tersebut adalah gelombang elektromagnetik yang terpancar dari fenomena alam aurora dan sabuk radiasi.

Seorang ahli gempa dari Southern Methodist University, Brian W Stump, berpendapat bahwa suara tersebut bisa juga ditimbulkan akibat sub suara (emisi radio alami) yang terjadi karena adanya gempa bumi.

David Deming, geosaintis dari Universitas Oklahoma mempunyai pandangan lain. Ia berpendapat, suara tersebut berasal dari transmisi telefon dan pesawat udara yang dioperasikan oleh Angkatan Laut Amerika untuk tujuan komunikasi kapal selam. Kejadian yang lebih dikenal dengan istilah The Hum ini pernah dimuat dalam Journal of Scientific Exploration.

Sedangkan ilmuwan NASA mempunyai pandangan sendiri soal fenomena suara sangkakala ini. Mereka berpendapat, suara sangkakala tersebut berasal dari emisi radio alami planet Bumi, yang biasa disebut tweeks, whistlers, dan sferics.

Mereka mengandaikan bila manusia memiliki anggota tubuh yang dapat menangkap sinyal radio, maka manusia dapat mendengar suara-suara mirip simfoni orkestra yang berasal dari Bumi. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)