Home » News » Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Sabu Lewat Alat Kesehatan

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Sabu Lewat Alat Kesehatan



Jakarta – Petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta berhasil menggagalkan penyelundupan sabu sebanyak dua kilogram yang diselundupkan dari Hong Kong ke Jakarta lewat alat kesehatan.

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Sabu Lewat Alat Kesehatan

Modusnya, sabu diselundupkan dengan kedok pengiriman barang berupa alat kesehatan melalui Bandara Soekarno-Hatta dan di simpan di gudang PJT.

Menurut Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta Okto Irianto, kasus penyelundupan sabu lewat alat kesehatan ini telah dua kali terjadi dengan cara dan modus yang sama.

“Kasus pertama sabu dikirim dari Hongkong ke Kemayoran, Jakarta, dengan disembunyikan di dalam dua alas terapi kaki.

Kasus kedua juga sama, disembunyikan di dalam tabung besi seperti lilin,” kata Okto Irianto, seperti dikutip dari kompas.com, Selasa (26/5/2015).

Karena adanya kemiripan modus serta tempat asal dan tujuan yang sama maka diduga penyelundupan sabu ini dilakukan oleh jaringan sindikat yang sama.

Kasus pertama terjadi pada 8 Mei 2015 dengan barang bukti sabu berbentuk kristal bening seberat 1.162 gram. Sedangkan kasus kedua dengan barang yang sama seberat 1.078 gram terjadi pada 10 Mei 2015.

Sebelumnya, pada tanggal 26 April 2015 pihak kepolisian berhasil mengungkap penyelundupan sabu yang juga berbentuk kristal bening seberat 1.960 gram yang diletakkan di badan atau body strapping dengan tersangka YX (29), warga negara China. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)