Home » News » Anggaran Pertanian Naik Jadi Rp 45 Triliun

Anggaran Pertanian Naik Jadi Rp 45 Triliun



Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak ingin deg-degan dalam masalah kebutuhan pangan nasional. Untuk itu, anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) untuk membangun infrastruktur pangan seperti bendungan, irigasi selalu meningkat mulai tahun ini hingga beberapa tahun ke depan.

Anggaran Pertanian Naik Jadi Rp 45 Triliun

Jokowi menjelaskan, tahun ini anggaran untuk di sektor pertanian tahun lalu sekira Rp14 triliun, tahun ini dinaikkan menjadi Rp32 triliun. Rencananya, pada 2016 anggaran pertanian juga akan dinaikkan menjadi sekira Rp40 triliun hingga Rp45 triliun, yang salah satunya untuk membangun bendungan.

Hal ini dilakukan agar Indonesia tidak ketakutan saat el nino atau musim kering datang yang menggangu panen raya.

“Kenapa kita bangun infrastruktur pangan seperti bendungan, karena kita ingin naikkan pangan kita. Kalau pangan berlimpah enggak usah takut El nino. Tapi kalau limit dan masih impor, kita akan deg-degan semua,” tegas Jokowi, saat meresmikan pembukaan Rapat Koordinasi Nasional VI Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) 2015 di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Jokowi menjelaskan, saat inipun China tengah melakukan menambah stok pangan besar-besaran untuk menghadapi El Nino.
“Di China juga sudah mulai beli-beli stok pangan sebanyak-sebanyaknya. Karena ada El Nino buat kekeringan,” paparnya. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)