Home » News » 750 Orang Tewas Karena Gelombang Panas Di India

750 Orang Tewas Karena Gelombang Panas Di India



New Delhi โ€“ Gelombang panas yang melanda India sejak pertengahan April 2015 telah memakan korban lebih dari 750 orang tewas.

750 Orang Tewas Karena Gelombang Panas Di India

Cuaca yang sangat ekstrim hingga mencapai suhu lebih dari 47 derajat Celsius melanda sebagian wilayah India, termasuk New Delhi. Cuaca terpanas melanda dua wilayah di India, yaitu Negara Bagian Telangana dan Andhra Pradesh.
Di Negara Bagian Andhra Pradesh tercatat 551 orang tewas akibat cuaca super panas ini. Sedangkan di Telangana sebanyak 215 orang dilaporkan tewas.

Komisaris Khusus untuk Penanggulangan Bencana di India P Tulsi Rani mengatakan bahwa pemerintah India telah memperingatkan warganya melalui berbagai media untuk tidak berada di luar rumah dalam waktu yang lama tanpa topi, payung, atau penutup tubuh lainnya. Seluruh warga juga dihimbau untuk selalu membawa persediaan air minum bila mereka keluar rumah.

Pemerintah juga menghimbau kepada LSM dan lembaga-lembaga pemerintah untuk menyediakan air kapanpun di setiap sudut kota agar warga dapat dengan mudah memperolehnya saat mereka berada di luar rumah.

Biro Cuaca India sendiri memperingatkan bahwa gelombang panas yang sedang melanda India tersebut masih akan berlansung dalam beberapa hari ke depan. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)