Home » News » Inilah Saran Untuk HB X

Inilah Saran Untuk HB X



Jogja – Dengan adanya polemik atas sabda raja dan dawuh raja menimbulkan dorongan dari Jurusan Ilmu Pemerintahan (JIP) Fisipol UMY untuk mengadakan penelitian. Dimana penelitian yang memiliki tema “Suksesi dan Paugeran Keraton” ini dipimpin oleh Eko Priyo Purnomo dan Dian Eka Rahmawati.

Inilah Saran Untuk HB X

Ketika ditemui wartawan harianindo, Sabtu (23/5), Eko mengungkapkan bahwa polemik terkait penerus tahta Keraton Jogja ini memang sangat menarik dikarenakan berkaitan dengan jabatan gubernur. Berdasarkan penelitian dari lima kabupaten dan kota se-DIJ, ternyata banyak masyarakat yang ternyata belum paham dengan adanya polemik suksesi itu, termasuk didalamnya siapakah yang tepat untuk menggantikan HB X sebagai sultan.

Eko juga mengungkapkan lebih dari 33 persen reponden yang ragu-ragu dikarenakan tidak tahu siapakah yang cocok untuk menggantikan posisi HB X. Hal ini dikarenakan masyarakat tidak mengenal siapa adik-adik dari HB X dan juga siapakah anak-anak raja.

Tidak hanya warga yang tidak mengerti, namun beberapa peneliti juga ternyata tidak memiliki pilihan siapa pengganti HB X. Sebenarnya kontroversi suksesi ini dikarenakan HB X tidak mempunyai anak laki-laki.

Berdasarkan hasil penelitian, ternyata dukungan untuk anak perempuan HB X dibandingkan dengan adik-adik HB X relatif sama. Alhasil Eko mengungkapkan untuk menyelesaikan polemik itu HB X bersedia untuk menikah lagi. (Rini Masriyah – sisidunia.com)