sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Beras Plastik Di Bekasi Positif Mengandung PVC

Beras Plastik Di Bekasi Positif Mengandung PVC



Bekasi – Pemerintah Bekasi mengambil langkah cepat soal makin maraknya peredaran beras plastik di tengah masyarakat dengan mengirimkan beberapa sampel beras dari Pasar Tanah Merah, Kompleks Mutiara Gading Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, untuk diuji di laboratorium milik PT Sucofindo.

Beras Plastik Di Bekasi Positif Mengandung PVC

Hasil uji laboratorium kemudian dirilis oleh Pemerintah Kota Bekasi pada Kamis (21/5/2015). Menurut Kepala Bagian Pengujian Laboratorium PT Sucofindo Adisam ZN mengungkapkan bahwa sampel beras yang diuji tersebut positif mengandung senyawa polyvinyl chloride atau PVC yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat pipa dan kabel.

Selain PVC, dalam beras tersebut juga terkandung beberapa senyawa kimia lainnya, yaitu benzyl butyl phtalate (BBP), Bis (2-ethylhexyl phtalate / DEHP), dan diisononyl phtalate (DINP). Ketiga senyawa kimia ini diketahui biasa digunakan untuk melenturkan atau menambah fleksibilitas PVC, atau yang lebih dikenal dengan istilah plasticizer.

Hasil laboratorium ini kemudian oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi akan disampaikan kepada pihak Kepolisian untuk segera ditindaklanjuti.

Kasus beras plastik ini terungkap setelah Dewi Septiyani (29), warga Kompleks Mutiara Gading Timur, Bekasi, mengunggah foto beras tersebut ke media sosial pada Senin (18/5/2015), karena wanita yang sehari-harinya berjualan bubur ayam dan nasi uduk ini melihat keanehan dari beras yang baru dibelinya dari Pasar Tanah Merah tersebut. Beras ini terlihat menggumpal setelah dimasak dan terasa lengket saat dimakan.

Beras plastik yang konon berasal dari China ini di negeri asalnya bahkan sudah lama diketahui beredar luas. AsiaNews.it pada tahun 2011 pernah memuat berita dengan judul “Beras Plastik Buatan Taiyuan.” Beras ini dibuat dari campuran kentang dan bahan plastik. Asosiasi Restoran China bahkan membandingkan, memakan tiga piring nasi dari beras plastik sama dengan memakan satu tas plastik. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)