sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Inilah Kronologi Munculnya Kehebohan Beras Plastik

Inilah Kronologi Munculnya Kehebohan Beras Plastik



Bekasi – Dalam beberapa pekan ini publik dihebohkan dengan peredaran beras plastik di Tanah Air yang konon diproduksi secara masal di China. Tentu saja berita ini membuat masyarakat was-was karena beras adalah kebutuhan yang paling mendasar bagi sebagian besar penduduk di Indonesia.

Inilah Kronologi Munculnya Kehebohan Beras Plastik

Awalnya, beredar sebuah video di YouTube yang menayangkan bagaimana beras plastik dibuat dari bahan-bahan sintetis. Beras palsu ini dibuat dari campuran antara kentang, ubi, dan resin, bahan dasar pembuatan plastik. Campuran tersebut kemudian diaduk hingga bentuknya menyerupai butiran beras asli.

Temuan di Indonesia berawal dari laporan seorang warga di Bekasi, Dewi Septian, yang sehari-hari bekerja sebagai penjual bubur ayam dan nasi uduk. Dewi menemukan adanya keganjilan dari beras yang baru saja dibelinya dari sebuah toko di pasar Mutiara Gading Timur. Saat beras tersebut dimasak, beras tidak matang seperti biasanya, sebagian masih berbentuk butiran keras.

Dewi lantas mem-posting foto beras palsu yang dibelinya itu disandingkan dengan beras asli lewat akun Instagram pada Senin (18/5/2015). Selain itu, dia juga menyertakan foto dari beras palsu yang telah dimasak.

Dewi juga mengirimkan email kepada Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) tentang temuannya ini untuk ditindaklanjuti.
Di negara asalnya sendiri, China, kabarnya beras palsu ini telah diproduksi dan beredar sejak 2011. Menurut The Straits Times, beras plastik ini juga telah beredar luas di beberapa negara Asia, seperti Vietnam, India, dan Indonesia. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)