Home » Gaya Hidup » Buang Air Besar Dengan Duduk Itu Salah?

Buang Air Besar Dengan Duduk Itu Salah?



Jakarta – Bagaimana cara Anda buang air besar setiap harinya? Apakah dengan cara duduk, atau jongkok? Seorang doktor di bidang mikrobiologi, Giulia Enders, menyebutkan bahwa kebiasaan orang Barat pada umumnya yang buang air besar dengan cara duduk adalah salah.

Buang Air Besar Dengan Duduk Itu Salah?

Penulis buku laris “Charming Bowels” ini mengatakan bahwa kesalahan dasar kita yang kita lakukan tiap hari adalah buang air besar sambil duduk.

Padahal menurut Enders, posisi duduk justru akan lebih membutuhkan tekanan pada usus karena ‘lubang’ di ujungnya tidak terbuka secara bebas. Hal ini tidak dirasakan bila melakukan buang air besar dengan cara jongkok.

“1.2 billion people around the world who squat have almost no incidence of diverticulosis and fewer problems with piles. We in the west, on the other hand, squeeze our gut tissue until it comes out of our bottoms, “ demikian kata Enders, seperti dikutip dari theguardian.com, Senin (18/5/2015).

Giulia Enders menempuh gelar doktornya di Universitas Frankfurt, di bidang mikrobiologi. Selain “Charming Bowels”, buku Enders yang lain berjudul “Gut: The Inside Story of Our Body’s Most Underrated Organ” akan dipublikasikan di Inggris secara online mulai 24 Mei 2015. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)