Home » News » ISIS Rebut Kota Ramadi Di Irak

ISIS Rebut Kota Ramadi Di Irak



Baghdad – Militan ISIS mengklaim telah menguasai kota Ramadi yang terletak di sebelah barat Irak pada Minggu (17/5/2015) setelah sebelumnya mereka mengambil alih pusat komando militer di kota tersebut.

ISIS Rebut Kota Ramadi Di Irak

Ini merupakan kekalahan terbesar setelah pemerintahan Irak bersama kelompok paramiliter Syiah dan pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat memerangi ISIS pertengahan tahun lalu dan berhasil memukul mundur mereka di sejumlah daerah beberapa bulan terakhir ini.

Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi kemudian menyetujui pengiriman pasukan milisi Syiah untuk merebut kembali kota Ramadi, yang sebelumnya tidak dilakukan agar tidak memicu bentrok sektarian antara warga Sunni dan milisi Syiah.

Kota Ramadi merupakan ibukota provinsi terbesar Irak, Anbar, yang berlokasi di sebelah barat Irak (kurang lebih hanya berjarak 112 km dari barat Baghdad) dan mayoritas penduduknya adalah warga muslim Sunni. Kota Ramadi berbatasan dengan Arab Saudi, Suriah dan Yordania. Sebagian besar wilayah Provinsi Anbar adalah padang pasir yang luas.

Seorang pejabat setempat mengatakan lebih dari 500 orang tewas dalam dua hari terakhir pertempuran di Ramadi dan sekitarnya, termasuk beberapa polisi yang terjebak setelah kehabisan amunisi dan warga sipil yang terperangkap dalam pertempuran tersebut. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)