Home » News » Pelaku Bom Boston Divonis Hukuman Mati

Pelaku Bom Boston Divonis Hukuman Mati



Boston โ€“ Peristiwa bom Boston marathon telah dua tahun berlalu dan pada Jumat (15/5/2015) kemaren Pengadila Amerika Serikat menjatuhkan vonis terhadap Dzokhar Tsarnaev, sang pelaku, dengan hukuman mati.

Pelaku Bom Boston Divonis Hukuman Mati

Dzokhar Tsarnaev (21) dinyatakan bersalah atas peristiwa ledakan bom di acara Boston Marathon pada 2013 lalu yang mengakibatkan tiga orang tewas dan sebanyak 264 orang lainnya terluka.

Pada bulan lalu, Tsarnaev dinyatakan bersalah atas penanaman sepasang bom rakitan pada 15 April 2013 dan menembak seorang polisi. Insiden tersebut merupakan serangan terberat di AS sejak 11 September 2001.

Hakim menyatakan, Dzokhar Tsarnaev bakal dieksekusi dengan cara disuntik mati. Keputusan tersebut dikeluarkan setelah Hakim mengadakan perundingan selama 15 jam.

Keputusan hukuman mati ini sendiri bagi negara bagian Massachussets cukup menimbulkan pro dan kontra karena dalam 70 tahun terakhir ini tidak pernah diterapkan hukuman mati di tempat tersebut. Dalam jajak pendapat yang diadakan, mayoritas penduduk Boston menolak dijatuhinya eksekusi mati terhadap Dzokhar Tsarnaev. Namun Dzokhar Tsarnaev diadili di bawah hukum federal yang memungkinkan seseorang dijatuhi hukuman mati. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)