Home » News » Tewasnya Osama Bin Laden Hanya Kebohongan Gedung Putih?

Tewasnya Osama Bin Laden Hanya Kebohongan Gedung Putih?



Washington DC – Pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, telah tewas ditangan pasukan elite Amerika Serikat Navy SEAL di Abottabad, Pakistan, pada 2 Mei 2011. Namun seorang wartawan AS yang bernama Seymour Hersh menyebutkan bahwa cerita tentang kematian Osama hanyalah kebohongan dari Gedung Putih belaka.

Tewasnya Osama Bin Laden Hanya Kebohongan Gedung Putih?

Wartawan pemenang penghargaan Pulitzer ini mengungkapkan bahwa Dinas Intelijen Amerika Serikat (CIA) mengetahui posisi Osama bin Laden setelah mendapatkan informasi dari seorang pejabat tinggi intelijen Pakistan yang mengharapkan hadiah uang sebesar USD 25 juta.

Setelah mengetahui posisi Osama, Gedung Putih kemudian bernegosiasi dengan pemerintah Pakistan dan ISI (Inter-Services Intelligence), Dinas Intelijen Pakistan sebelum melakukan operasi. ISI kemudian mematikan listrik yang menuju rumah Osama bin Laden sebelum penyerbuan Navy SEAL dan memerintahkan militer Pakistan untuk menjauh dari kediaman Osama dan tidak melakukan intervensi.

Namun Gedung Putih menceritaka kepada publik bahwa Osama bin Laden tewas dalam operasi penyerbuan militer Amerika Serikat secara rahasia.

Menurut Seymour Hersh, dalam penyerbuan tersebut hanya satu peluru yang ditembakkan yaitu peluru yang menewaskan Osama bin Laden. Dia juga menambahkan dalam artikelnya yang dimuat The London Review of Books ini bahwa jasad Osama bin Laden tidak dimakamkan di laut seperti yang selama ini dikabarkan, namun di wilayah Afghanistan.

Seymour Hersh menambahkan bahwa Obama dengan sengaja menyembunyikan kebenaran seputar kematian Osama demi meningkatkan popularitasnya menjelang pemilihan umum. Obama ingin menunjukkan bahwa penyerbuan tersebut adalah keberhasilan militer Amerika Serikat.

Hingga kini Gedung Putih belum menanggapi artikel dari Seymour Hersh ini. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)