sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Gila, Lukisan Karya Picasso Ini Seharga Rp 2,35 Triliun

Gila, Lukisan Karya Picasso Ini Seharga Rp 2,35 Triliun



Jakarta – Pada Senin (11/5/2015) kemaren, Rumah Lelang Christie melelang lukisan “Les femmes d-Alger (Version ‘O’)” karya Picasso seharga USD 179,4 juta atau setara dengan Rp 2,35 triliun. Ini merupakan rekor terbaru dari karya seni termahal dalam sejarah.

Gila, Lukisan Karya Picasso Ini Seharga Rp 2,35 Triliun

Lukisan yang dibuka dengan harga USD 100 juta ini pada awalnya diperkirakan hanya laku dikisaran USD 140 juta saja, namun para kolektor yang bersaing memberikan penawaran harga via telepon ini tetap melaju hingga dimenangkan dengan penawaran tertinggi sebesar USD 160 juta. Sedangkan harga total USD 179,4 juta dihitung berdasarkan biaya lainnya termasuk komisi untuk Rumah Lelang Christie sebesar 12 persen.

Karya ini pada 1997 lalu juga pernah dilelang dengan harga pemenang USD 31,9 juta. Namun sayang, tidak ada keterangan siapa yang memenangkan lukisan termahal tersebut kali ini.

Rekor penjualan lukisan Picasso ini memecahkan rekor karya seni paling mahal yang dipegang “Three Studies of Lucian Freud” karya Francis Bacon yang terjual seharga USD 142,4 juta di Rumah Lelang Christie pada November 2013 lalu.

Pada acara lelang kemaren diperkenalkan 33 karya seni dari seniman-seniman kelas dunia, termasuk karya Monet dan Andy Warhol, dengan total perkiraan senilai USD 500 juta.

Patung “L’homme au doigt” (Pointing Man) tahun 1947 karya Alberto Giacometti memecahkan rekor patung termahal yang laku dengan harga USD 141,3 juta. Sedangkan karya Picasso yang lainnya, “Buste de femme (femme a la resille)”, terjual dengan harga USD 67,4 juta. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)