Home » News » Jokowi Gelontorkan Rp 6 Triliun Untuk Papua

Jokowi Gelontorkan Rp 6 Triliun Untuk Papua



Jayapura – Presiden Jokowi pada hari ini, Sabtu (9/5/2015), berada di Papua dalam kunjungannya yang kedua kalinya untuk berdialog dengan masyarakat Papua guna memahami permasalahan yang ada di sana sekaligus memberikan dana sebesar Rp 6 Triliun bagi pembangunan infrastruktur di Papua.

Jokowi Gelontorkan Rp 6 Triliun Untuk Papua

Di hadapan ribuan anggota TNI dan Polri serta tokoh masyarakat yang hadir di Markas Korem 172/Praja Wirayakti, Jayapura, Presiden Jokowi mengatakan bahwa bumi Papua sangat kaya dan harus dikelola dengan baik oleh masyarakat Papua.

Karena itu, dalam kesempatan tersebut pemerintah berencana memberikan dana Rp 6 Triliun untuk pembangunan berbagai infrastruktur di bidang pertanian, pasar, pelabuhan, dan pembangunan lainnya di Bumi Cendrawasih.

Menurut Jokowi, pemerintah tengah melakukan pendekatan masalah di Papua dengan pemerataan ekonomi melalui pembangunan infrastruktur agar tidak terjadi kecemburuan sosial dan ekonomi bila dibandingkan dengan daerah lainnya di Tanah Air.

“Pemerintah akan terus melakukan pendekatan masalah dengan gerakan ekonomi dengan pembangunan infrastruktur pasar dan pembangunan infrastruktur lainnya. Pembangunan ini harus dirasakan masyarakat Papua,” ucap Jokowi, seperti dikutip dari liputan6.com, Sabtu (9/5/2015).

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menjanjikan beberapa hal kepada masyarakat Papua, yaitu seluruh ruas jalan di Papua dapat tersambung pada 2019, pembangunan pelabuhan di Sorong yang menggunakan lahan 7.000 hektare akan mulai dibangun tahun ini, serta mengkaji kemungkinan dibangunnya infrastruktur kereta api di Papua. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)