Home » Ekonomi & Bisnis » Surabaya Akan Punya Superblok Baru Seluas 75 Hektar

Surabaya Akan Punya Superblok Baru Seluas 75 Hektar



Surabaya โ€“ Beberapa tahun belakangan ini pembangunan di Surabaya sepertinya tidak pernah berhenti dengan munculnya bangunan-bangunan baru yang berlomba memenuhi lahan dari Ibu Kota Jawa Timur ini.

Surabaya Akan Punya Superblok Baru Seluas 75 Hektar

Salah satu mega proyek yang sedang dikerjakan di pusat kota Surabaya adalah Ciputra World Surabaya (CWS). Seperti halnya sang kakak Citra World Jakarta (CWJ), CWS juga mencakup luasan lahan yang besar, yakni 9 hektar dengan total luas bangunan yang mencapai 750.000 meter persegi atau 75 hektar pada tahap tiga ini.

Tahap pertama terdiri dari Ciputra World Surabaya Mall yang seluas 80.0000 meter persegi, dua menara apartemen The Via Vue seluas 40.000 meter persegi, dan fasilitas penunjang seluas 160.000 meter persegi.

Sedangkan pada tahap kedua pengembang membangun SOHO Skyloft, The Voila Apartment, dan Ciputra World Hotel yang dikelola Swiss-Belhotel International dan kini sudah beroperasi. Untuk SOHO Skyloft dan The Voila Apartement sedang dalam penyelesaian konstruksi hingga saat ini.

Pada CWS tahap tiga, PT Ciputra Surya Tbk selaku pengembang berencana akan membangun CWS Mall Extension seluas 70.000 meter persegi, Ciputra World Office Tower seluas 40.000 meter persegi, SOHO Skyloft Tahap II dengan luas 41.000 meter persegi, ball room 12.000 meter persegi, dan hotel bintang tiga seluas 14.000 meter persegi. Pada tahap tiga ini PT Ciputra Surya Tbk akan menggelontorkan dana sebesar Rp 2,25 triliun dari total dana yang diperkirakan lebih dari Rp 7 triliun bila CWS usai dibangun, termasuk CWS tahap keempat.

Belum usai dengan pembangunan tahap tiga, kabarnya PT Ciputra Surya Tbk memang telah merancang pembangunan tahap keempat dengan mengakuisisi lahan kembali seluas 6 hektar. Di atas lahan tersebut akan dibangun gedung tertinggi di Surabaya dengan lebih dari 52 lantai berketinggian 250 meter hingga 300 meter yang difungsikan untuk apartemen, hotel, dan perkantoran. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)