Home » News » Hasil Pemilu Inggris Bakal Diketahui Sore Ini

Hasil Pemilu Inggris Bakal Diketahui Sore Ini



London โ€“ Pada Kamis (7/5/2015) kemaren rakyat di seluruh Inggris berbondong-bondong menuju tempat pemungutan suara dan pos-pos untuk mencoblos pilihan mereka yang nantinya akan duduk di lembaga parlemen Inggris.

Hasil Pemilu Inggris Bakal Diketahui Sore Ini

Tepat pukul 22.00 waktu setempat proses pencoblosan ditutup dan penghitungan suara pun dimulai. Rencananya, pada sore ini hasil dari suara rakyat Inggris bakal diketahui.

Sekitar 50 juta warga Inggris yang telah terdaftar sebagai pemilih akan menentukan nasib 650 orang anggota parlemen yang berebut menjadi yang mayoritas untuk membentuk pemerintahan baru di lima tahun mendatang.

Pemilu Inggris di tahun ini disebut-sebut sebagai pemilu yang hasilnya tidak dapat diprediksi dalam puluhan tahun terakhir. Pemilu ini juga menjadi yang pertama dimana pemilih dapat mendaftarkkan diri secara online.

Selain memilih anggota parlemen, rakyat Inggris kemaren juga melakukan pemilihan untuk lebih dari 9.000 posisi anggota dewan untuk 279 kepala pemerintahan daerah. Jadi, selain di London yang memang tidak ada pemilihan Kepala Daerah, warga setidaknya diberikan dua lembar kertas suara.

Menurut banyak pengamat, seperti halnya pada pemilu tahun 2010 lalu, partai pemenang masih harus berkoalisi dengan setidaknya beberapa partai kecil untuk menguasai parlemen.

Menurut survey, Partai Konservatif pimpinan Perdana Menteri David Cameron mendapat 316 kursi parlemen, sedangkan Partai Buruh yang beroposisi hanya meraih 239, sisanya adalah partai-partai kecil. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)