Home » News » Jero Wacik Resmi Jadi Tahanan KPK

Jero Wacik Resmi Jadi Tahanan KPK



Jakarta โ€“ Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari Selasa (5/5/2015) secara resmi menahan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, atas kasus dugaan pemerasan dan penyalahgunaan wewenang di Kementerian ESDM pada kurun waktu 2011-2013.

Jero Wacik Resmi Jadi Tahanan KPK

Jero Wacik mulai diperiksa KPK pada pukul 11.00 WIB dan keluar Gedung KPK pada pukul 19.50 dengan telah mengenakan seragam tahanan KPK berwarna orange. Selanjutnya Jero Wacik akan ditahan di Rumah Tahanan Cipinang untuk 20 hari ke depan guna kepentingan penyidikan.

Jero Wacik sendiri pada saat akan ditahan menolak menandatangani berita acara penahanan yang diberikan KPK karena dia beralasan selama ini telah bersikap kooperatif sehingga tidak perlu sampai ditahan.

Sebelumnya diketahui, Jero Wacik ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 3 Septermber 2014 atas kasus dugaan pemerasan dan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan Jero Wacik selama masih menjabat sebagai Menteri ESDM dalam kurun waktu 2011 -2012 sebesar Rp 9,9 miliar.

Setelah itu kasus berkembang hingga Jero Wacik kembali ditetapkan sebagai tersangka, namun kali ini dalam dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata terkait dengan anggaran di Kemenbudpar sehingga negara dirugikan hingga sekira Rp 7 miliar.

Selama ini Jero Wacik telah dua kali mangkir dari panggilan pemeriksaan KPK terkait kasus dugaan korupsi saat menjabat Menteri Kebudayaan dan Pariwisata periode 2008-2011. Dia juga mangkir dari panggilan KPK terkait dugaan pemerasan sewaktu menjabat Menterian ESDM tahun 2011-2013. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)