Home » News » 22 Ribu Buruh Bakal Serbu Istana

22 Ribu Buruh Bakal Serbu Istana



Jakarta โ€“ Hari Buruh Internasional atau yang biasa dikenal dengan sebutan May Day yang jatuh pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya tinggal beberapa hari lagi. Gabungan serikat buruh seluruh Indonesia bahkan telah mengagendakan akan kembali turun ke jalan dengan membawa sekitar 22 ribu buruh untuk memenuhi bundaran HI dan Istana Negara, Jakarta.

22 Ribu Buruh Bakal Serbu Istana

Hal tersebut terungkap saat diadakannya konferensi pers di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. “Akan ada lebih dari 22 ribu buruh yang akan turun ke jalan dari Bundaran HI hingga ke Istana Negara menyampaikan berbagai permasalahan buruh kepada Presiden Jokowi,” ujar Presiden KSPSI (Komite Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) Andi Gani, seperti di kutip dari liputan6.com, Kamis (23/4/2015).

Rencananya beberapa organisasi buruh seluruh Indonesia akan gabung, diantaranya KSPSI, KSPI, FSPASI, KSBSI, KP-KPBI, dan beberapa elemen pekerja lainnya.

Dalam agendanya, mereka akan menuntut janji pemerintah, khususnya Presiden Jokowi, soal janjinya yang akan menyejahterahkan rakyat melalui program-program kerjanya yang pro rakyat, namun yang nyatanya justru membuat kehidupan masyarakat bawah saat ini semakin tertekan dengan kenaikan beberapa kebutuhan pokok, kenaikan harga BBM, Elpiji, TDL, dan jasa transportasi.

Buruh juga menuntut agar pemerintah meninjau kembali soal kebijakan menaikkan upah lima tahun sekali yang tidak sejalan dengan kenaikan harga kebutuhan yang tiap tahun mengalami kenaikan, serta menetapkan upah layak nasional.

Untuk kasus korupsi, buruh mendesak pemerintah agar menyita seluruh aset para koruptor hingga ke akar-akarnya. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)