Home » Hiburan » Film Kartini Bakal Dibuat Untuk Peringati Hari Kartini

Film Kartini Bakal Dibuat Untuk Peringati Hari Kartini



Jakarta – Untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada hari Selasa (21/4/2014) kemaren sebuah film biopik tentang sosok pahlawan wanita yang memperjuangkan hak-hak wanita pada jaman penjajahan Belanda tersebut rencananya akan dibuat dan akan tayang pada 2016 mendatang.

Film Kartini Bakal Dibuat Untuk Peringati Hari Kartini

Film yang akan digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo ini dibiayai oleh rumah produksi Legacy Pictures yang sebelumnya sukses membuat film “Kapan Kawin ?”

Sebelumnya, Hanung Bramantyo sukses menggarap film biopik tokoh besar lainnya yang berjudul “Soekarno: Indonesia Merdeka”, yang diperankan oleh aktor Ario Bayu sebagai Soekarno.

Sang produser, Robert Ronny, bahkan telah memasang poster film ini lewat akun Twitternya untuk membuat penasaran publik. Dia menulis, “Selamat Hari Kartini. Perjuangan Kartini untuk pendidikan Indonesia belum selesai.” Dalam gambar poster tersebut nampak sesosok wanita anggun mengenakan kebaya, wajahnya mirip artis Dian Sastrowardoyo. Di bawah poster tertulis, “Kartini, April 2016.”

Nama Dian Sastro melejit sejak dia sukses memerankan tokoh Cinta dalam film remaja “Ada Apa dengan Cinta?” pada tahun 2002. Terakhir, di akhir tahun 2014, Dian Sastro beradu akting bersama Lukman Sardi dalam film “7/24”.

Film Kartini yang bakal digarap ini bukanlah film pertama yang mengangkat sosok pejuang emansipasi wanita yang lahir di Jepara 21 April 1879 ini. Sebelumnya, aktris senior Yenny Rachman sukses memerankan tokoh Kartini. Film garapan sutradara Sjumandjaja ini berhasil menggondol tiga Piala Citra di ajang Festival Film Indonesia pada tahun 1983. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)