sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » KBRI Yaman Terkena Bom

KBRI Yaman Terkena Bom



Sana’a – Gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang berada di Sana’a, Yaman, hancur karena terkena bom pada Senin (20/4/2015) dan mengakibatkan dua staf KBRI dan seorang WNI luka-luka, serta 90 persen gedung hancur.

KBRI Yaman Terkena Bom

Ledakan bom yang terjadi pada pukul 10.45 waktu setempat tersebut merupakan imbas dari serangan udara koalisi yang dipimpin Arab Saudi terhadap basis rudal Scud di Pegunungan Faj Attan, tak jauh dari distrik Hadda.

Distrik Hadda adalah adalah kawasan pusat pemerintahan dimana terdapat Istana Kepresidenan dan kantor-kantor perwakilan negara asing.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan bahwa pemerintah masih menunggu situasi aman untuk membawa staf KBRI yang berjumlah 17 orang ke kota Al-Hudaeda, kota keempat terbesar di Yaman yang terletak sekitar 280 kilometer di sebelah barat Sana’a. Untuk sementara ini staf KBRI dievakuasi ke kediaman Duta Besar RI di Sana’a.

Yaman mulai dilanda konflik setelah kaum pemberontak Houthi melengserkan Presiden Abdrabbuh Mansour Hadi, dan mengakibatkan Presiden terpaksa mengungsi dari Sana’a untuk mendirikan pusat pemerintahan baru di Kota Aden.

Operasi militer aliansi negara-negara teluk yang dipimpin Arab Saudi mulai dilancarkan sejak 26 Maret 2015, dua hari setelah pemerintah Yaman memohon Gulf Cooperation Council (GCC), Dewan Kerjasama Teluk untuk melakukan intervensi militer ke negera tersebut.

Arab Saudi menduga Iran dan unit-unit militer yang masih loyal kepada mantan Presiden Ali Abdullah Saleh berada di belakang kaum pemberontak Houthi. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)