Home » News » KPK Resmi Tahan Suryadharma Ali

KPK Resmi Tahan Suryadharma Ali



Jakarta – Tersangka kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji yang sekaligus mantan Menteri Agama RI di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Suryadharma Ali, resmi ditahan KPK pada Jumat (10/5/2015) sore.

KPK Resmi Tahan Suryadharma Ali

Pria kelahiran Jakarta, 19 September 1956 ini keluar dari Gedung KPK dengan mengenakan rompi “kebesaran” tahanan KPK berwarna oranye sekitar pukul 19.00 WIB, setelah diperiksa selama kurang lebih 9 jam.

Dalam kasus yang cukup menghebohkan karena berhubungan dengan ibadah haji ini, Suryadharma Ali diduga menyalahgunakan wewenang dan kekuasaannya sebagai Menteri Agama pada saat itu dengan memanfaatkan setoran awal ibadah haji milik masyarakat untuk membiayai naik haji sejumlah keluarga, kolega, dan pejabat, termasuk diantaranya adalah pada istri pejabat di Kementerian Agama yang dipimpinnya.

Dalam laporan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyebutkan adanya transaksi mencurigakan yang memperlihakan Suryadharma Ali telah mengajak 33 orang untuk berangkat naik haji. Selain itu, KPK juga menduga adanya penggelembungan dana terkait dengan pemondokan, katering, dan transportasi jamaah haji.

Suryadharma Ali dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 UU No. 31/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana juncto Pasal 65 KUHPidana.
Suryadharma Ali rencananya akan ditahan di Rutan Pomdam Jaya, Guntur, Jakarta, selama 20 hari hingga Kamis (30/4/2014) mendatang. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)