Home » News » Ditemukan Narkoba Jenis Baru CC4 di Lapas Cipinang

Ditemukan Narkoba Jenis Baru CC4 di Lapas Cipinang



Jakarta – Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali dibuat pusing dengan munculnya narkoba jenis baru pada penggeledahan yang dilakukan oleh aparat Direktorat IV Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang Kelas IIA, Jakarta, pada Kamis (9/4/2015) malam kemaren.

Ditemukan Narkoba Jenis Baru CC4 di Lapas Cipinang

Dalam penggeledahan yang bertujuan untuk mengungkap jaringan narkoba dari terpidana mati Freddy Budiman ini ditemukan narkoba berbentuk perangko, yang kemudian diketahui berjenis CC4.

Narkoba jenis apa sebenarnya CC4 ini?

Menurut ahli kimia farmasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Mufti Djusnir, CC4 mempunyai nama kimia 1,2 – bisN-cytisinylethane atau Cyt. CC4 sebenarnya berbentuk cair, namun dapat disamarkan menyerupai perangko seperti halnya LSD (Lysergic Acid Diethylamide).

Seperti halnya narkoba jenis lain yang sudah banyak beredar, CC4 bekerja dengan memberikan efek rasa gembira dan halusinasi kepada penggunanya. Namun CC4 ini mempunyai efek 10 kali lipat lebih besar dari satu butir ekstasi.

CC4 diketahui bekerja sebagai transmitter yang mempengaruhi syaraf sehingga membuat seseorang menjadi senang, gembira, berhalusinasi, dan meningkatkan aliran darah melalui jantung.

CC4 sebenarnya sudah mulai diteliti sejak 1960-an, namun baru populer pada 2006 karena dinilai berpotensi digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan kebiasaan merokok. Pada kadar rendah, yakni 0,003 – 0,3 mg CC4 sudah dapat mengurangi kadar nikotin dalam tubuh.

Namun hingga saat ini CC4 masih dalam tahap penelitian dan belum dinyatakan aman digunakan sebagai obat dan dijual di pasaran. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)