Home » News » Jokowi Harus Selamatkan KPK

Jokowi Harus Selamatkan KPK



Jakarta – Masalah pelik saat ini terjadi di kubu KPK. Setelah Bambang Widjodjanto dinyatakan sebagai tersangka, kini menyusul nama ketua KPK Abraham Samad juga ditetapkan sebagai tersangka. Tidak berhenti di situ saja, kabarnya 21 penyidik KPK juga tengah terancam dengan tuduhan kepemilikan senjata ilegal.

Jokowi Harus Selamatkan KPK

Dengan kondisi tersebut tentu saja KPK sepertinya tersudut. Oleh karena itu Presiden Jokowi diharapkan bisa mengatasi masalah tersebut, hingga KPK bisa kembali melakukan tugasnya.

Harlans M Fachra yang merupakan Konsulat Nasional Gerakan Rakyat Antikorupsi Indonesia ini menilai, bahwa seharusnya presiden Jokowi bisa memilih orang yang tepat dan tahan banting. Mengingat masa jabatan ketua KPK akan berakhir pada Desember mendatang, diharapkan presiden Jokowi bisa segera memilih beberapa calon ketua KPK.

“Bulan Desemeber mendatang adalah akhir masa jabatan ketua KPK, dengan demikian saat ini presiden sudah bisa memilih calon untuk ketua KPK,” jelas Harlans saat ditemui di Jakarta, Rabu (18/2/2015).

Untuk memilih calon ketua KPK menurut Harlans, presiden harus membetuk Pansel KPK, namun untuk itu beliau harus bisa memilih orang yang tepat dan tidak asal pilih. Yang pasti mereka harus bisa mengetahui calon yang akan menjabat menjadi ketua KPK nanti bersih dari masalah hukum. Saat ini masyarakat pastinya bingung kepada siapa mereka harus mempercayai penegak hukum di Indonesia ini. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)