Home » News » Komisi Yudisial Prihatin Dengan Hakim Sarpin

Komisi Yudisial Prihatin Dengan Hakim Sarpin



Jakarta โ€“ Menangani kasus yang saat ini sedang ditunggu-tunggu keputusannya memang tidak mudah. Hal ini terjadi kepada hakim Sarpin, beliau ditunjuk untuk memimpin lajurnya persidangan atas kasus gugatan pra peradilan Komjen Budi Gunawan.

Komisi Yudisial Prihatin Dengan Hakim Sarpin

Sejak senin (9/2) kemarin nama hakim Sarpin Rizaldi menjadi bahan perbincangan masyarakat Indonesia. Pastinya sidang tersebut memakan waktu yang lama, bisa saja satu saksi berlangsung dua jam.

โ€œ9 hakim berada di MK, persidangan itu seperti sidang untuk pengujian UU MK. Saya prihatin kepada hakim Sarpin,โ€ ucap Ketua Komisi Yudisial (KY), Taufiqurrohman Syahuri kepada wartawan Harianindo.com, Kamis (12/2/2015).

Sidang pra peradilan ini diharuskan selesai dalam kurun waktu 7 hari kerja. Untuk itu mereka dituntut seakurat mungkin mengeluarkan semua teori yang ada. Dalam sidang tersebut mengkaji tata usaha negara yang mana itu mengasah pada kewenangan.
Tidak hanya itu, di sidang tersebut juga membahas ada tidaknya pelanggaran norma hukum dan penyalahgunaan undang-undang. Hakim harus ekstra hati-hati dalam menangani kasus yang sangat berat ini.

Sidang akan berlanjut hari ini yang mengagendakan pembuktian dan menghadirkan saksi dari pihak KPK. Hakim juga harus memutuskan untuk waktu yang dipakai oleh para saksi dalam memberikan kesaksian. โ€œHakim harus bisa membatasi pertanyaan dari kedua kubu, agar pertanyaan tersebut tetap pada poinnya dan tidak menjalar kemana-mana,โ€ ujar Taufiq. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)