Home » Ekonomi & Bisnis » Harga Minyak Dunia Mengalami Kenaikan Didukung Data Pekerjaan AS

Harga Minyak Dunia Mengalami Kenaikan Didukung Data Pekerjaan AS



New York – Harga minyak dunia kembali mengalami penguatan setelah adanya penurunan produksi minyak mentah di Amerika Utara, sementara laporan pekerja AS yang menguat memberikan dukungan terhadap hal tersebut. Pada perdagangan Senin (9/2/2015) patokan minyak mentah jenis light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman bulan maret naik 36 sen ke level 52,50 dolar AS, sementara minyak jenis Brent pada pengiriman bulan maret juga naik sebesar 10 sen menjadi 57,90 dolar AS per barelnya.

Harga Minyak Dunia Mengalami Kenaikan Didukung Data Pekerjaan AS

Analisi pasar di CMC Markets Singapura menyatakan bahwa kenaikan ini di pengaruhi oleh sisi penawaran di Amerika Serikat. Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh jasa minyak asal AS Baker Hughes Inc menunjukkan laporan jumlah rig pengeboran minyak di Amerika Serikat mengalami penurunan 83 rig menjadi sekitar 1.140 rig pada akhir pekan kemarin.

Sementara itu harga minyak senidiri telah mengalami penurunan sekitara 50 persen dari puncak pada juni tahun lalu, sebagian besar karena adanya lonjakan cadangan global yang didorong oleh menguatnya produksi minyak di Amerika Serikat, selain itu laporan data pekerjaan yang tak terduga lebih baik dari perkiraan sebelumnya, mendukung harga minyak menjadi naik karena adanya pemintaan yang lebih besar. (fauji nur – sisidunia.com)