Home » News » Hiu Paus Remaja Masuk Perangakap Di Kanal Pltu Paiton

Hiu Paus Remaja Masuk Perangakap Di Kanal Pltu Paiton



Jakarta – Kejadian ini memang bukan untuk kali pertama, kanal PLTU Paiton mendapatkan Hiu Paus. Sebelumnya ini juga terjadi pada 2 februari lalu, Hiu Paus ini diduga masih berusia remaja dan memliki berat 6 ton.

Hiu Paus Remaja Masuk Perangakap Di Kanal Pltu Paiton

“Melihat dari bentuk serta ukurannya, Hiu tersebut tergolong remaja. Dan akan lebih besar lagi jika sudah dewasa,” tutur Kepala Balai Pengelolahan Sumber Daya Pesisir dan laut Denpasar Bapak Ikram M. Sangadji saat ditemui oleh Harianindo.com Sabtu (7/2/2015).

Hiu Paus ini termasuk hewan yang hidupnya secara berkelompok, dan ia terpisah dari kawanannya. Terperangkap dalam kanal PLTU kemungkinan besar Hiu Paus ini sedang mencari makanan yang sejenis Plankton. Menurut Ikram, Hiu paus itu bisa terjebak di kanal karena itu merupakan tempat dimana air terjadi pasang dan surut yang mana mengandung nutrisi tinggi.

“Hiu Paus ini tidak memakan ikan, ia akan menyaring air dengan mulutnya,” jelas Ikram.

Seperti yang banyak kita ketahui bahwa Hiu Paus yang berkelompok memang sering ditemui di daerah Probolinggo, dan mereka sepertinya terus berenang ke arah Surabaya.

Hiu Paus ini merupakan ikan yang memiliki ukuran yang sangat besar, dan sudah dilindungi oleh Kepmen KP 18 tahun 2013. Hingga berita ini diturunkan Hiu Paus ini masih terperangkap di kanal PLTU Paiton. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)