Home » News » Syafi’i Ma’arif: “Presiden Tidak Akan Melantik BG”

Syafi’i Ma’arif: “Presiden Tidak Akan Melantik BG”



Yogyakarta – Sejumlah pertanyaan yang tertuju pada dilantiknya Komjen Budi Gunawan kini sedikit mulai terkuak. Hal ini terkait pernyataan Ketua Tim 9 Syafi’i Ma’arif yang menegaskan bahwa Komjen Budi Gunawan tidak akan dilantik menjadi Kapolri oleh presiden Jokowi.

Syafi’i Ma’arif: Presiden Tidak Akan Melantik BG

“Bapak Presiden sudah menghubungi saya lewat telpon, alhamdulillah Komjen Budi Gunawan tidak dilantik menjadi Kapolri,” tutur Syafi’i Ma’arif saat ditemui sebelum beliau mengisi seminar Pra Kongres Umat Islam Indonesia ke VI di kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rabu (4/2/2105).

Saat disinggung tentang siapa yang pantas menggantikan Komjen Budi Gunawan, Buya menyatakan tim 9 tidak memiliki wewenang untuk itu. Hal itu akan di urus oleh Kompolnas, akan tetapi beliau meminta supaya calon Kapolri yang bakal menggantikan Komjen Budi Gunawan tidak memiliki perkara hukum.

Keputusan presiden memang belum resmi diumumkan, namun Syafi’i Ma’arirf yakin jika pengganti Komjen Budi Gunawan adalah orang yang bersih maka tidak akan ada lagi polemik yang akan terjadi. Kabarnya presiden akan mengambil keputusan untuk masalah ini minggu depan.

Namun sudah dipastikan presiden akan mengambil langkah yang benar, dengan tidak dilantiknya Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri karena memiliki perkara hukum dengan KPK. Walaupun belum secara resmi mengumumkan keputusannya, pernyataan ketua tim 9 ini menjadi titik terang usainya polemik antara Polri dan KPK. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)