Home » News » BG Hanya Menunggu Pengesahan Dan Pelantikan Dari Presiden

BG Hanya Menunggu Pengesahan Dan Pelantikan Dari Presiden



Jakarta – Presiden Jokowi hingga detik ini belum menentukan sikap mengenai masalah pelantikan Komjen Budi Gunawan. Sebelumnya Komjen Budi Gunawan merupakan orang yang diajukan Presiden kepada komisi III DPR untuk dicalonkan sebagai Kapolri.

BG Hanya Menunggu Pengesahan Dan Pelantikan Dari Presiden

Setelah melalui beberapa test uji kelayakan Komjen Budi Gunawan akhirnya lolos menjadi satu-satunya calon yang akan menjabat sebagai Kapolri. Akan tetapi proses tersebut tidak berjalan mulus, KPK mengumumkan bahwa Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka kasus korupsi dalam promosi jabatan di institusi Polri.

Dengan demikian hingga saat ini Komjen Budi Gunawan tidak bisa dilantik atas kasus perseteruan yang melibatkan Polri dan KPK.
Namun menurut Mendagri Tjahjo Kumolo, Komjen Budi Gunawan secara tidak langsung sudah menjadi Kapolri, hanya saja masih belum dilantik dan disahkan oleh presiden.

“Komjen Budi Gunawan seharunya sudah menjabat sebagai Kapolri, akan tetapi harus menunggu Pelantikan dan pengesahan oleh bapak presiden,” ucap Mendagri Tjahjo Kumolo saat ditemui dikantor Wakil Presiden Jalan Medan Merdeka Utara, Jakpus, Kamis (5/2/2015).

Akan tetapi saat ini presiden Jokowi masih melakukan kunjungan ke sejumlah negara ASEAN, agendanya beliau akan kembali pada pekan depan. Sebelumnya presiden Jokowi berjanji bahwa beliau akan memutuskan dilantik atau tidaknya komjen Budi Gunawan pada pekan mendatang. Namun saat ini terdengar sejumlah kabar bahwa Presiden tidak akan melantik Komjen Budi Gunawan untuk dijadikan sebagai Kapolri. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)