Home » News » Abraham Samad Lebih Baik Mundur Dari Ketua KPK

Abraham Samad Lebih Baik Mundur Dari Ketua KPK



Jakarta – Terkait pengakuan Abraham Samad yang menyatakan dirinya juga sering melakukan pertemuan dengan elite politik, itu dianggap sebagai tindakan yang melanggar kode etik. Hal ini dinyatakan oleh salah satu Pengamat Hukum dari Fakultas Universitas Negeri Jember, Widodo Ekatjahjana.

Abraham Samad Lebih Baik Mundur Dari Ketua KPK

“Apa yang dilakukan oleh ketua KPK Abraham Samad ini, merupakan salah satu bentuk pelanggaran kode etik. Dikarenakan seharusnya penegak hukum tidak boleh melakukan pertemuan dengan orang yang memiliki perkara dilembaganya,” ucap Widodo saat di hubungi oleh wartawan Harianindo.com, selasa (3/2/2015).

Pria yang menjabat sebagai Dekan di Fakultas Universitas Jember ini mengungkapkan, bahwa sebaiknya Abraham Samad mundur dari jabatannya sebagai Ketua KPK. Hal ini dilakukan untuk menghindari asumsi publik yang menyatakan pertemuan Abraham Samad mengandung kepentingan lain.

Menurut Widodo penegakan hukum yang terjadi di Indonesia harus berjalan dengan fair, dan tidak dibumbui dengan kepentingan tertentu. Tidak hanya ketua KPK yang harus mengundurkan diri, akan tetapi Polri juga harus mengundurkan diri jika terkait perkara hukum.

Semua penegak hukum harus bersih dari kepentingan lain, agar menegakkan hukum tanpa diselubungi oleh kepentingan-kepentingan tertentu.

Widodo juga mengungkapkan bahwa setiap penegak hukum tidak boleh memiliki perkara dengan hukum, untuk itu sebaiknya mereka diganti jika dinilai melanggar kode etik sebuah lembaga yang bernaung dibawah lembaga hukum. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)